KOMPAS.com – Siswa SMK selain bisa bekerja di industri atau melanjutkan studi di jenjang pendidikan tinggi, juga didorong menjadi wirausaha kreatif. Hal ini tentu bisa dilakukan dengan keterampilan yang diperoleh siswa SMK selama sekolah. Bagi siswa SMK dari jurusan seni atau yang membutuhkan keterampilan menggambar lainnya perlu menguasai sejumlah teknik menggambar. Salah satu keterampilan yang bisa dikuasai adalah teknik arsir. Melansir dari akun Instagram Direktorat SMK Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Kamis (24/3/2022) teknik arsir merupakan isi dari obyek gambar yang lebih menekankan pada kekuatan garis (stoke). Teknik arsir dilakukan dengan cara menggoreskan alat tulis secara berulang-ulang dengan tekstur kasar maupun halus hingga membentuk sebuah gambar tertentu.

Jenis arsiran

Berikut macam-macam teknik arsiran beserta gambar dan penjelasannya:

1. Teknik arsiran satu arah (hatching) Teknik arsiran satu arah atau hatching merupakan teknik yang paling dasar dalam membuat sebuah arsiran dengan menggoreskan alat tulis yang membentuk garis sejajar secara berulang-ulang.

2. Teknik arsiran silang (crosshatching) Teknik arisan silang atau crosshatching adalah arsiran yang mirip dengan hatching. Akan tetapi ini membentuk goresan dengan garis silang yang dapat digunakan untuk membuat bayangan dari sebuah gambar.

3. Teknik (circusilm) Teknik arsiran circusilm adalah teknik dalam menggambar yang menggunakan arsiran yang berbentuk lingkaran kecil secara beruntun. Biasanya menggunakan pensil warna untuk melukis wajah. 4. Teknik (pointilism) Cara mengarsir menggunakan pensil gambar dengan memberi titik-titik dalam menentukan gelap terang disebut pointilism. Akan tetapi teknik ini memiliki kelemahan yang sulit dikombinasikan dengan teknik arsir yang lainnya.

5. Teknik arsiran titik (stippling) Teknik arsiran titik stippling merupakan teknik yang mirip dengan pointilism yakni arsiran yang membentuk titik-titik kecil yang berguna untuk menajamkan efek gelap pada sebuah gambar. 6. Teknik arsiran searah kontur (countour Hatching) Teknik arsiran countour hatching adalah teknik yang sering digunakan untuk menggambar sebuah figur seperti manusia, tumbuhan, hewan dengan mengikuti bentuk kontur bidang yang akan diarsir. 7. Teknik arsiran coret bebas (secumbling) Teknik arsiran coret bebas atau secumbling yaitu teknik arsir yang menggunakan goresan dengan bentuk coretan tak beraturan atau bebas. Teknik coretan bebas mempunyai karakter dengan permukaan yang kasar. Biasanya digunakan untuk mengarsir gambar seperti bebatuan, kulit kayu, handuk dan lain sebagainya.

Demikian jenis-jenis teknik arsiran dan penjelasannya. Informasi ini bisa menambah wawasan siswa SMK yang sedang mempelajari teknik menggambar khususnya teknik arsir.

Sumber dari: edukasi.kompas.com 25 Maret 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *