Kategori: Berita Pendidikan Terkini

Haedar Nashir: Muhammadiyah Bukan Akan tetapi Telah

Melihat tema tabligh akbar yang diusung panitia yang merupakan tema muktamar yaitu Memajukan Indonesia Mencerahkan Semesta, Haedar menyampaikan tidak akan mengulas tema tersebut karena akan disampaikan pada iftitah Muktamar tanggal 19 November 2022 di Solo yang akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Jadi Kepala Sekolah Harus Sat-Set War-Wer

Untuk mewujudkan sekolah unggul, setiap sekolah harus menakar posisi sekolah (positioning). Harus tahu posisi sekolah sehingga bisa menciptakan langkah-langkah kreatif untuk memosisikan lebih baik.

4 Jurusan Sastra Korea di Indonesia, Lengkap dengan Biaya Kuliah

Mahasiswa tentu akan dibekali dengan kemampuan bahasa Korea serta pengetahuan mengenai pendidikan dan pengajaran. Contoh mata kuliahnya ialah Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran Bahasa Korea, Belajar dan Pembelajaran Bahasa Korea, serta Psikologi Pendidikan.

G30S; Bagaimana Kita Bersikap?

Intelektual tradisioanal hari ini adalah kita para mahasiswa yang kuliah hanya untuk mengejar gelar sarjana lalu menjadi pekerja begitu saja. Intelektual tradisional adalah kita yang berorganisasi, sibuk sedemikian rupa, telaten dalam hal-hal teknis-pragmatis, tapi luput akan makna filosofis. Pada akhirnya, organisasi menjadi mitos baru dalam mengembangkan potensi. Sebab, organisasi tidak memberi kesempatan untuk mengisi kapasitas keilmuan pada diri.

Empat Kampus Tambah 500 Maba Asing

Sementara, Itu, di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang tahun menerima 20 mahasiswa asing program degree. Tahun ini untuk jenjang S1 jurusan yang paling diminati adalah akuntansi. Sedangkan, untuk S2 jurusan yang diminati adalah ekonomi syariah. Kemudian untuk S3 yakni Studi Islam. Staf Kantor Urusan Internasional UIN Maliki Malang Muhammad Krisna mengatakan penerimaan mahasiswa asing tahun ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu. Kalau tahun lalu hanya menerima 15 mahasiswa asing saja. Itu artinya, jumlah mahasiswa yang diterima tahun ini meningkat lima orang. “Sejak 2009 sampai 2022 ini sudah 538 mahasiswa asing yang menempuh studi di UIN Maliki Malang,” ujarnya. 

Kisah Mujahidah, Hafizah Quran 30 Juz Lulus Master Unismuh sambil Menggendong Bayi

“Keramahan itu bisa saya rasakan di detik-detik terakhir saat penyelesaian tesis. Tidak ada yang mempermasalahkan saya membawa anak, bahkan Ketika saya membawa anak kedua saya ke kampus, seringkali kami mendapat kantongan yang ditenteng pulang, karena ada dosen yang memberikan konsumsinya ke anak saya. Masya Allah, semoga dosen-dosen kami senantiasa diberi kesehatan,” tutup Mujahidah. (Hadi/Riz)