Kategori: Berita Pendidikan Terkini

5 Kampus dengan Jurusan Teknik Elektro Terbaik di Indonesia

Undip untuk jenjang S1 saat ini meraih akreditasi Unggul dari BAN-PT sementara jenjang S2 dan D3nya meraih akreditasi B. Program studi ini berdiri sejak 1982 dengan adanya SK No. 158/SK/PT09/1982, tanggal 6 Desember 1982, tentang Pembukaan Program Studi Strata 1 (S-1) Teknik Elektro dan Teknik Mesin. Untuk menunjang praktikum, Undip menyediakan sejumlah laboratorium di antaranya Laboratorium Elektronika dan Mikroprosesor, Laboratorium Konversi Energi Listrik dan Sistem Tenaga, Laboratorium Teknik Kontrol Otomat, Laboratorium Telekomunikasi dan Pengolahan Sinyal, Laboratorium Pemodelan dan Simulasi, serta Laboratorium Komputer dan Informatika.

Jurusan Paling Diminati di Telkom University, Apa Saja?

Dalam memperkuat kompetensi mahasiswa, Program Studi Sarjana (S1) Teknik Industri mempunyai kekhususan untuk memberikan pengajaran, implementasi dan praktek, serta pengembangan keilmuan Teknik Industri dengan penguatan bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK). Selain itu, terdapat beberapa jalur peminatan yang tersedia di akhir studi untuk menambahkan kompetensi yang lebih spesifik kepada mahasiswa selain ilmu ke-teknik industrian. Putra menerangkan, Telkom University tahun ini menargetkan penerimaan mahasiswa baru sekitar 8.000 orang. Jalur penerimaannya sendiri beragam mulai dari jalur berbasis rapor, tes tulis, hingga penerimaan bersama melalui Aliansi Perguruan Tinggi Berbasis Badan Usaha Milik Negara (Aperti BUMN). Beasiswa yang tersedia di Telkom University juga bermacam-macam. Mulai dari beasiswa berdasarkan rapor, kerja sama dengan forum OSIS di Jawa Barat, jalur khusus vokasi, KIP Kuliah, hingga kerja sama beasiswa dengan Pemprov Jabar.

Ilmuwan Komputer Asal Indonesia di AS Paparkan Inovasi Canggih

Sayangnya, menurut Wisnu, kebutuhan SDM bidang ilmu komputer tidak diimbangi dengan ketersediaan SDM yang cukup. “Untuk itu, LPDP bersama pemerintah mendorong peningkatan jumlah dan mutu generasi muda RI bidang ilmu komputer untuk meningkatkan skill, salah satunya dengan menempuh studi ke Amerika Serikat,” ucap Wisnu.