Masjid NU Ponorogo. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Bulan ramadan, beberapa masjid di Ponorogo selain melakukan salat tarawih juga melakukan beberapa kegiatan lain seperti pemberian takjil dan buka bersama pun dilakukan.

Seperti halnya di Masjid NU yang terletak di Jalan Sultan Agung Ponorogo ini, beberapa kegiatan selama Ramadan pun dihadirkan bagi para jemaah yang datang.

“Kalau untuk kegiatan selama Ramadan itu sebenarnya sama dengan sebelumnya yaitu melaksanakan kegiatan salat tarawih bersama,” kata H Yoyok Gunawan, salah satu takmir Masjid NU Ponorogo, Minggu (26/3/2023).

Tak hanya itu, H Yoyok mengungkapkan jika Masjid NU sendiri juga melaksanakan kegiatan pembagian takjil dan buka bersama selama Ramadan, dan kegiatan pembagian takjil serta buka bersama sendiri memang sudah menjadi kegiatan rutin ketika Ramadan.

“Kalau untuk takjil dan buka bersama alhamdulilah itu semua dari masyarakat. Jadi takjil yang disediakan ini semua dari warga, bukan kami yang buat, tapi warga yang mengirimkan,” jelas H Yoyok.

Menurut H Yoyok, beberapa jenis takjil yang diberikan oleh warga itu menurut dia, sudah terjadwal hingga akhir Ramadan nanti. Oleh karena itu, setiap harinya pun dipastikan tidak kurang dari 400 porsi untuk buka bersama, begitu pula dengan takjilnya.

“Ya Alhamdulillah setiap hari bisa 400 porsi lebih untuk buka bersama bagi para jemaah yang datang ke masjid maupun para musafir,” ungkap H Yoyok.

“Makan atau takjil yang disedikan juga bervariasi ya kayak lontong, gorengan, dan untuk makan ada nasi rawon, nasi soto, nasi gule lain-lain,” sebut H Yoyok.

Selain menyediakan takjil dan makan untuk berbuka puasa bagi para jemaah, Masjid NU Ponorogo juga ketika malam ke 15 Ramadan nanti akan menyediakan sahur bagi para jemaah.

Makan sahur untuk para jemaah ini nantinya akan digelar selama 8 hari di malam ganjil setelah malam ke 15 Ramadan.

“Ini diperuntukkan bagi masyarakat yang itikaf di Masjid NU ini, dan makannya pun juga sama dari masyarakat-masyarakat sekitar. Yang nanti dibagikan ke jemaah,” ucap H Yoyok Gunawan. (*)

Sumber dari : timesindonesia.co.id 26 Maret 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *