KOMPAS.com – Saat sudah kelas 12 SMA/SMK/sederajat dan berencana lanjut ke perguruan tinggi, maka harus segera mempersiapkan diri dengan baik.

Salah satunya memilih jurusan kuliah dan memilih kampusnya. Jika sudah yakin dengan jurusan kuliah, maka butuh tips memilih kampus yang cocok.

Hal ini juga penting karena kamu jangan ikut-ikutan dengan teman sekolah. Di dunia kuliah semua akan berbeda, kamu slotgacor889dituntut untuk bisa lebih mandiri.

Melansir laman Universitas Sari Mutiara Indonesia, berikut ini beberapa tips memilih kampus atau universitas yang baik dan cocok dengan diri kamu.

Tips memilih kampus

1. Lakukan riset

Adapun hal yang pertama ialah kamu melakukan riset dari berbagai sumber. Salah satunya pencarian di internet untuk informasi detail mengenai jurusan kuliah dan universitas yang sesuai.

2. Tujuan pendidikan

Selanjutnya ialah kamu harus menentukan apa tujuan dari pendidikan di perguruan tinggi tersebut. Apakah kamu ingin menjadi profesional? Jika iya maka pilih kampus yang lebih banyak prakteknya atau pendidikan vokasi.

Jika kamu ingin menjadi akademisi, maka bisa pilih kampus akademik untuk S1, kemudian bisa lanjut ke S2.

3. Ada beberapa pilihan kampus

Adapun tips memilih kampus selanjutnya ialah kamu harus punya beberapa kampus pilihan. Setidaknya Kamu memiliki gambaran mengenai kampus mana yang menjadi prioritas dan cadangan.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Mudah Dipelajari, Ada Pilihanmu?

4. Akreditasi kampus

Jika ingin menjadi lulusan hebat, maka kampusnya juga harus bagus. Maka pilih kampus yang bereputasi atau sudah terakreditasi. Sebab, saat lulus dan mencari pekerjaan, perusahaan akan mencari lulusan dari kampus terakreditasi.

5. Lokasi kampus

Hal berikutnya ialah kamu harus mempertimbangkan lokasi kampus yang tepat. Ini akan berpengaruh pada biaya hidup serta kenyamanan kamu saat kuliah nanti.

6. Biaya kuliah

Jika kamu masuk kampus reguler, maka harus mempertimbangkan masalah biaya kuliahnya. Semua harus disesuaikan dengan kemampuan orang tua kamu.

7. Daya tampung

Selain itu, daya tampung sebuah kampus ternama tentu sangat terbatas sehingga kamu harus mempertimbangkan peluang diterima.

Beberapa jalur yang diberikan mungkin bisa dipertimbangkan. Namun sebaiknya tetap menyesuaikan dengan kemampuan diri sendiri atau jangan terlalu memaksa.

8. Fasilitas kampus

Jika sudah menentukan pilihan kampus, maka perhatikan fasilitas kampus itu. Fasilitas dan sarana pendidikan yang memadai akan mempengaruhi kualitas dirimu.

Setidaknya prospek pendidikan ke depan menjadi lebih terarah dan terjamin. Apalagi kampus yang mempunyai fasilitas lengkap.

9. Konsultasi orang terdekat

Sedangkan tips memilih kampus yang terakhir ialah kamu bisa konsultasi dengan orang tua, teman atau orang yang lebih berpengalaman.

Dari konsultasi itu tentu akan punya gambaran dan pertimbangan dari sisi positif dan negatif jika kuliah di suatu perguruan tinggi.

Jadi itulah 9 tips memilih kampus yang cocok bagi calon mahasiswa. Tentu harapannya bisa mendapatkan kampus yang sesuai dengan minat, bakat serta terkait biaya kuliahnya.

Sumber dari : edukasi.kompas.com 13 Januari 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *