KOMPAS.com – Terdapat beberapa sekolah termahal di Indonesia yang biayanya mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Bagi orang-orang yang percaya bahwa harga mahal akan sebanding dengan kualitas yang diberikan tentu sekolah-sekolah termahal di Indonesia ini menjadi pilihan terbaik. Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Jumat (15/4/2022), berikut ini 5 sekolah termahal di Indonesia:

1. Global Jaya School Global Jaya School yang berada di Tangerang Selatan, Banten, ini memiliki jenjang sekolah mulai dari TK-A hingga IB Diploma (setara SMA). Dilansir dari website Global Jaya School melalui KOMPAS.com, saat ini terdapat lebih dari 600 siswa yang menempuh pendidikan di salah satu sekolah termahal di Indonesia tersebut. Sekolah yang dibangun oleh Jaya Group milik Ciputra ini memiliki fasilitas berstandar internasional, seperti lapangan tenis, sepak bola, basket, gym, dan arena teater yang sangat luas. Fasilitas tersebut tentu bisa dinikmati dengan harga yang cukup tinggi. Biaya pengembangan di sekolah tersebut mencapai Rp 23 juta, yang dibayar per tahun, sedangkan SPP Global Jaya School senilai Rp 63,8 juta hingga Rp 149,6 juta setiap tahun.

2. SMA Dwiwarna (Islamic Boarding School) Sekolah yang terletak di Bogor, Jawa Barat, ini berkonsep islamic school atau asrama pesantren. SMA Dwiwarna menyediakan fasilitas asrama yang nyaman dengan setiap ruangan full AC dan furnitur yang modern. Sarana olahraga seperti lapangan basket, futsal, hingga area memanah juga dapat dinikmati oleh para siswa. Biaya yang harus dikeluarkan untuk bersekolah di SMA Dwiwarna terdiri dari uang pangkal yang mencapai Rp 60 juta, uang seragam dan buku paket senilai RP 4,5 juta, dan SPP tiap bulan sebesar Rp 6,5 juta.

3. New Zealand School Jakarta Sekolah berbasis internasional yang terletak di Kemang, Jakarta Selatan, ini memiliki jenjang pendidikan mulai usia 18 bulan (pre-school) hingga 15 tahun (grade 9). New Zealand School Jakarta menyediakan berbagai aktivitas, mulai dari kegiatan seni seperti melukis, paduan suara, dan musik, serta kegiatan-kegiatan olahraga. Setiap siswa juga bisa menggunakan fasilitas bus sekolah dan meal plan atau katering di sekolah. New Zealand School mematok harga yang tinggi untuk biaya SPP per semester. Biaya playgroup sebesar Rp 53,3 juta, TK senilai Rp 93,3 juta, SD sebesar Rp 210 juta, dan jenjang SMP mencapai Rp 215 juta.

4. ACG School Jakarta ACG School Jakarta berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sekolah ini menyediakan IB Primary Years Programme dengan kurikulum University of Cambridge International Examinations. Fasilitas sekolah berstandar internasional meliputi auditorium, laboratorium, technology center, serta athletic track. Biaya yang harus dikeluarkan oleh orang tua di sekolah ini pun cukup tinggi. SPP untuk jenjang pendidikan SD mencapai Rp 235 juta hingga Rp 310 juta. Jumlah tersebut belum termasuk biaya pembangunan sebesar Rp 37,6 juta, biaya transport Rp 19,3 juta, dan biaya untuk English Language Support (ELS) sebesar Rp 37 juta per semester.

5. British School Jakarta Sekolah yang terletak di Tangerang Selatan, Banten ini mengangkat kultur negara Inggris dalam pembelajaran sehari-hari. Jenjang pendidikannya tersedia mulai dari kindergarten, primary school, dan secondary school. Fasilitasnya meliputi kolam renang yang memiliki standar olimpiade, sport centre, dance studio, serta kesempatan untuk sekolah sepak bola yang bekerja sama langsung dengan Manchester City Football School. Rincian biaya sekolah di British School Jakarta per tahun mulai dari jenjang pendidikan SD mencapai Rp 308 juta, SMP sebesar Rp 353 juta, hingga International Baccalaureate dengan nominal Rp 387 juta.

Sumber dari : kompas.com 23 April 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *