TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Mobil pintar SMK Mutu Gondanglegi Malang mengaspal untuk sambut Muktamar ke-48 Muhamamdiyah.

Mobil itu melalukan roadshow dari Yogyakarta – Solo. Kepala SMK Muhammadiyah 7/ Mutu Gondanglegi, Munali, ST. MPd menyebut Muktamar sebagai ajang unjuk kemampuan sekaligus kemandirian dari siswa Muhammadiyah.  

“Dalam menyemarakkan acara tersebut, salah satu karya yang ingin dihadirkan adalah Mobil Listrik yang dirancang oleh tim SMK Mutu yang terdiri dari guru, siswa Mutu Gondanglegi harus dikenalkan ke publik, melalui Muktamar,” jelas Munali.

Mobil yang diberi nama Suryawangsa ini, adalah mobil produk kedua dan ketiga, sementara yang produk pertama yang dirilis sekitar tahun 2022-2012 masih dalam proses perawatan dan perbaikan.

Mobil dengan model mini bus, micro bus ini melaksanakan road show dengan mobil listrik dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta menuju venue pelaksanaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah di UMS Solo pada 11 November 2022 lalu. 

Acara road show dibuka dan dilepas oleh Rektor Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Dr Muchlas, M.T  . “Mobil terbaru dari SMK Mutu Gondanglegi tergolong menjadi Mobil Pintar atau Smart vehicle, ini keren,” kata Rektor UAD Yogyakarta.

Mobil ini dilengkapi dengan karena menggunakan kecerdasan buatan dalam hal mendeteksi gejala ngantuk pengemudi saat menyobiri suryawangsa 3 sehingga ada warning berupa sirine atau bunyi yang membuat sopir bangun dari rasa kantuknya.

Line fitur di di atas suryawangsa 3 mempunyai sistem early warning atau peringatan dini seperti sensor jarak aman dengan mobil di depannya atau sekitarnya sistem yang mendeteksi temperatur mesin atau motor listrik temperatur baterai dan temperatur controller yang membuat sistem cooling atau sistem pendingin akan menyemprotkan udara dingin pada objek di atas agar temperatur tidak overhead atau bekerja pada temperatur normal. Bahkan pengkondisian udara kabin juga dilengkapi dengan sistem pendingin non freon sehingga kita sebut dengan Green cooling system.

Sistem-sistem standar juga melekat pada produk terbaru SMK mutu yaitu seri Mahameru 4.0 yang meliputi sistem kontrol arus listrik dari baterai menuju motor listrik atau dari sel surya. Selain itu Mahameru 4.0 ini digerakkan oleh motor listrik dengan daya yang relatif kecil yaitu 4000 watt tetapi mempunyai output yang besar karena karakteristik motor DC series adalah torsi yang besar ini menjadikan mobil ini cocok dijadikan angkutan penumpang. Jika tidak ada perubahan agenda, mobil mobil ini akan digunakan dalam pembukaan Muktamar Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Selain menampilkan Mobil Pintar, SMK Mutu Gondanglegi juga menampilkan Produk media pembelajaran, yang akan di letakkan dalam expo Muktamar khusus teknologi dan rekayasa. Serta akan menampilkan produk produk lain karya dari siswa dan guru. “Silahkan nanti dikunjungi stand pameran dari SMK Muhamamdiyah 7 Gondanglegi Malang,” kata Munali. (*)

Sumber dari : timesindonesia.co.id 14 November 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *