Wakil Ketua Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Rachmat Gobel. (Dok. DPR RI)

KOMPAS.com – Wakil Ketua Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Rachmat Gobel mengatakan, investasi Jepang di negeri ini berdampak positif bagi sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Pasalnya investasi Jepang menjadi jalan pembuka dan kesempatan untuk keterlibatan SDM dari Indonesia. Sebab, saat ini Jepang membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi berkualitas.

“Sekolah dan kampus Indonesia penting untuk bisa menyiapkan SDM yang bisa memahami teknologi, ilmu dan pemikiran di dalam industri Jepang,” ungkap Gobel dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (6/12/2022).

Hal itu disampaikan oleh Rachmat Gobel seusai mendampingi mantan Perdana Menteri Jepang Yosua Fukuda berkunjung ke Universitas Darma Persada, Jakarta, Minggu (4/12/2022).

Politisi partai Nasional Demokrat (Nasdem) tersebut menegaskan, peningkatan sektor pendidikan harus menjadi faktor utama dalam memandang kerja sama investasi antara Indonesia dan Jepang.

Ia menambahkan, pemangku kepentingan pendidikan Indonesia harus bisa merespons kebutuhan tenaga kerja yang hadir di Jepang.

“Karena saat ini Jepang butuh tenaga kerja. Kita bisa lihat juga dari investasi Jepang di Indonesia. Tinggal dengan investasi yang baik ini, kita akan lihat bagaimana kesiapan SDM kita,” ujar Gobel.

Sebagai informasi, adapun kedatangan mantan Perdana Menteri Jepang Yosua Fukuda ke Jakarta dalam rangka melihat perkembangan kerja sama antara Jepang dan Universitas Darma Persada Jakarta.

Sumber dari : nasional.kompas.com 6 Desember 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *