Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) menggelar Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-35 yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada 30 November hingga 4 Desember 2022.
Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) menggelar Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-35 yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada 30 November hingga 4 Desember 2022.(DOK. PUSPRESNAS)

KOMPAS.com – Kemendikbdud Ristek melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) menggelar Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-35 yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada 30 November hingga 4 Desember 2022.

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dalam acara pembukaan (30/11/2022) mengatakan, melalui Pimnas mahasiswa harus siap menjawab tantangan kebutuhan zaman melalui riset dan inovasi secara berkesinambungan.

“Saya tidak pernah ragu akan kekayaan riset dan inovasi yang dimiliki oleh dunia pendidikan tinggi kita,” ungkap Nadiem Makarim.

“Selama 35 tahun penyelenggaraan Pimnas, tentunya ada banyak sekali produk-produk ilmu pengetahuan bernilai tinggi yang telah dilahirkan oleh mahasiswa terbaik,” lanjut Nadiem.

Mendikbud Ristek juga berpesan kepada seluruh sivitas akademika peserta Pimnas agar menghadirkan karya berkelanjutan serta bermanfaat untuk masyarakat sesuai dengan wujud implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Siapapun nanti yang akan menjadi pemenang kalian semua telah menjadi bagian penting dalam upaya kita untuk mewujudkan ekosistem riset dan inovasi yang berkelanjutan. Mari kita terus berinovasi, bergerak serentak mewujudkan Merdeka belajar,” ujar Nadiem.

Senada dengan Mendikbud Ristek, Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek, Prof. Nizam, mengatakan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional adalah bagian dari program unggulan MBKM.

“Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional merupakan salah satu program unggulan yang selaras dengan program utama Kemendikbud Ristek itu MBKM yang memberi kesempatan bagi adik-adik mahasiswa untuk mengembangkan diri dan memaksimal potensinya,” ujar Prof. Nizam.

Saatnya adik-adik untuk beradu karya antar perguruan tinggi namun jangan lupa juga untuk membangun persahabatan Nusantara,” kata Prof. Nizam.

Di kesempatan sama, Joko Widodo selaku Asisten Khusus Rektor Bidang Perencanaan dan Pengembangan Mahasiswa dan Alumni UMM berharap, melalui penyelenggaran Pimnas di UMM dapat menemukan talenta yang dapat membawa perubahan baik untuk Indonesia.

“Alhamdulillah berkat kerjasama yang baik, Pimnas acara ini bisa diadakan di Universitas Muhammadiyah Malang selaku tuan rumah. Kami berharap mudah-mudahan acara pada malam ini dan seterusnya lancar sehingga bisa melahirkan generasi generasi muda yang inovatif dan kreatif untuk kejayaan negeri,” tuturnya.

Dalam laporannya Hariyadi Ketua Pelaksana melaporkan, Pimnas ke-35 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) diikuti 1.694 peserta dari 97 perguruan tinggi seluruh Indonesia. Jumlah karya yang diikutsertakan di Pimnas sebanyak 374 karya.

“Pimnas merupakan rangkaian dari kegiatan program kreativitas dan ajang berkumpulnya para Insan bangsa yang memiliki prestasi di bidang ilmiah untuk bersama dan bersatu menghasilkan solusi perbaikan demi kemajuan bangsa melalui pemikiran dan karya unggulan berskala nasional,” tambah Hariyadi.

Pimnas merupakan tahap terakhir dari pelaksanaan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan sebagai wadah bagi mahasiswa peserta untuk mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual berskala nasional.

Sumber dari : kompas.com 1 Desember 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *