KOMPAS.com – Sebagai bentuk keberhasilan menempuh pendidikan kursus di King Sejong Institute Bandung, sebanyak 47 siswa dan siswi dari total lulusan 174 siswa mengikuti upacara kelulusan pada Jumat (8/7/2022) di Unikom Smart Building Auditorium Lt.17.

Upacara kelulusan ini juga disaksikan oleh siswa lain yang tidak menghadiri acara secara langsung, melalui kanal YouTube king Sejong Institute Bandung.

Sejak 2019, siswa King Sejong Institute Bandung meningkat sebesar 502 persen dari 30 siswa hingga 503 siswa.

Setelah mengikuti masa pendidikan selama 17 minggu, para siswa pun diberikan tanda kelulusan langsung oleh Pimpinan King Sejong Institute Bandung Prof. Park Jihyun.

Rektor dan Pendiri Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Prof. Eddy Soeryanto Soegoto menyampaikan, ucapan selamat atas keberhasilan para peserta yang telah menempuh pendidikan kursus di King Sejong Institute Bandung dan sangat menyambut baik adanya King Sejong Institute Bandung di Unikom.

“Unikom dan Youngsan University bersahabat. Jadi kami memulai persahabatan saat mengirim mahasiswa Unikom ke Korea beberapa tahun lalu untuk mengikuti program double degree. Lalu melanjutkan pembukaan King Sejong Institute sebagai bagian dari kerja sama bidang kebudayaan. Unikom menyambut baik adanya king Sejong Institute Bandung,” kata dia dalam keterangannya, Sabtu (23/7/2022).

Selain itu, hadir juga para tamu undangan dari STIE Dharma Agung, International Women University, dan Universitas Jenderal Soedirman yang merupakan universitas yang menjalin kerja sama dengan King Sejong Institute Bandung dalam menyelenggarakan program pendidikan Bahasa Korea untuk mahasiswa di universitas tersebut.

Pada kesempatan ini, 13 orang siswa atau siswi berhasil meraih nilai tertinggi yaitu Erika Hermanti, Annisa Meivira Budiman, Riska Desi Aryani, Arif Hidayat, Dewi Fortuna Aziz, Devina Chintya, Priscilla Setiawan, Lanovia Ingryanti Ardenny, dan Nadya Gomes I.

Lalu ada Sintia Rahmah Nisa, Winnie Angela, Daniel Agus Setiawan dan Devina Chyntia. Kesuksesan siswa terbaik ini tidak terlepas dari peran pengajar King Sejong Institute Bandung, yaitu Park Jeong Moon, Cho Wonho, Park Jiyoon, dan Kim Nayeon.

Selanjutnya, upacara kelulusan semakin meriah dengan penampilan yang disuguhkan oleh HMD Boys dan HMD Girls (Komunitas Korea Bandung), penampilan siswa KSI Bandung, yaitu Alya Nike Nur Wafani dan Tri Hadi Cahya Nugraha.

Keberadaan King Sejong Institute Bandung dapat dimanfaatkan masyarakat Jawa Barat (Jabar) dan Indonesia yang umumnya memiliki minat belajar bahasa Korea.

King Sejong Institute juga memberikan perhatian khusus kepada para pengajar bahasa Korea lokal dengan memilih King Sejong Institute Bandung sebagai tempat penyelenggara pelatihan guru bahasa Korea lokal 2 kali secara berturut-turut.

Demi mencapai visi dan misi menyebarluaskan kebudayaan Korea, pemerintah Korea Selatan (Korsel) melalui Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata memberikan dukungan penuh kepada King Sejong Institute Bandung.

Dukungan tersebut berupa dana biaya operasional. Pimpinan King Sejong Institute Bandung, Prof. Park Jihyun menyampaikan, bantuan biaya operasional yang diterima oleh king Sejong institute Bandung naik dari 24.000.000 KRW hingga 52.000.000 KRW dikarenakan kinerjanya yang tinggi.

“Dana bantuan biaya operasional meningkat dari tahun ke tahun karena kinerjanya yang meningkat, pada tahun 2019 kami mendapat bantuan biaya operasional 24.000.000 KRW dan saat ini kami mendapat 52.000.000 KRW,” jelas Prof. Park.

King Sejong Institute Bandung merupakan lembaga kursus Bahasa dan Budaya Korea yang dikelola bersama oleh Unikom Bandung dan Youngsan University berdasarkan izin dari King Sejong Institute Foundation, yang merupakan Lembaga pelatihan di bawah Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan.

Di Indonesia, terdapat 7 cabang King Sejong Institute termasuk di antaranya adalah King Sejong Institute Bandung, yang berlokasi di Unikom Bandung. Pembukaan kelas selanjutnya akan dibuka oleh King Sejong Institute Bandung pada semester genap depan di bulan Juli 2022.

Sumber dari : kompas.com 23 Juli 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *