Kelas SMK 4 Tahun SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

Kelas SMK 4 Tahun SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

Mulai tahun pelajaran 2019/2020, SMK MUTU membuka program SMK 4 Tahun. Program ini sebagai tindaklanjut dari arah kebijakan Direktorat PSMK Kemdikbud RI. Ada beberapa SMK yang dijadikan pilot project program SMK 4 Tahun. Salah satunya SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang. Program ini sangat sesuai dengan kebutuhan tenaga teknisi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang bertumpu pada kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia.

Desain Kurikulum SMK 4 Tahun berdasarkan pada Kurikulum K13 yang diperkaya dengan muatan kompetensi lokal, muatan kompetensi industri dan muatan kompetensi regional dan global. Disesuaikan dengan kebutuhan dan standar industri. Waktu pendidikan yang ditempuh siswa adalah 4 tahun atau dikenal dengan istilah 2 plus 2. Artinya 2 tahun siswa belajar di sekolah dan 2 tahun siswa praktek kerja di industri.

Kelebihan pendidikan SMK 4 Tahun di SMK MUTU, tempat pembelajarannya dapat dilakukan di sekolah negara partner. Diantaranya Ayuttaya Technical Vocational Thailand, Brevet de Technicien Superiur Lycee Maupasant Descartes, Lycee Jules Sigfried, Lycee Anita Conti dan Lycee Schuman Perret (Prancis). Setelah menyelesaikan pendidikan 4 tahun, satu tahun diantaranya di negara partner, maka siswa akan mendapatkan ijazah setingkat D2 atau D3 dari sekolah partner luar negeri.

Target akhir yang diharapkan dari lulusan siswa SMK 4 Tahun; (1) siswa bekerja pada dunia usaha dan dunia industri  internasional serta  mendapatkan peng hasilan pada tahun keempat, (2) siswa mendapatkan sertifikasi profesi yang standar dan diakui industri regional dan internasional, (3) siswa memiliki ijazah SMK dan ijazah setingkat D2 atau D3, (4) siswa cakap dan terampil minimal dua bahasa asing, Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin.