Kelas RSBI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

Kelas RSBI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

Kelas Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) adalah kelas yang dipersiapkan bagi peseserta didik yang memiliki kemampuan, keterampilan dan keunggulan. Kelas ini berorientasi pada standar pendidikan internasional. Mulai dari standar proses pembelajaran, standar lulusan, standar pelayanan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, sampai pada  standar penilaian dan evaluasi. 

Konten kurikulum yang diberikan pada peserta didik didesain sesuai dengan kebutuhan global. Seperti Mapel TOEIC, TOEFL, SISCO, LSPOT dan Sertifikasi Profesi. Disamping sertifikat internasional, siswa Kelas RSBI juga dibekali dengan soft skill yang dibutuhkan DU/DI Global saat ini seperti: work ethic (etika kerja), collaboration (kerjasama), good communication (komunikasi yang baik), social responsibility (peduli lingkungan sosial) dan critical thinking (berfikir kritis). Materi tersebut disampaikan dalam bentuk hidden curriculum (kurikulum tersembunyi) yang terintegrasi pada  semua mata pelajaran dan kegiatan sekolah.

Siswa yang tergabung dalam kelas RSBI adalah siswa yang lolos seleksi yang diselenggarakan SMK MUTU pada awal tahun pelajaran. Materi test terdiri dari: Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Psikotest. Tiga puluh dua siswa terbaik dari masing-masing kompetensi keahlian masuk dalam program kelas RSBI. Dalam perkembangannya siswa kelas RSBI yang kompetensi keahliannya belum mencapai standar minimal yang dipersyaratkan, maka pada semester berikutnya diikutsertakan pada kelas regular.