Kelas Entrepreneur SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

Kelas Entrepreneur SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

SMK MUTU membuka program kelas entrepreneur (kewirausahaan). Kelas ini didesain bagi siswa yang mempunyai kompetensi dan keunggulan di bidang kewirausahaan. Konten kurikulum berbeda dengan kelas reguler. Kurikulum bersifat praktis sesuai kebutuhan dunia usaha dan dunia industri. Pada kelas entrepreneur siswa terlibat langsung dalam bidang pekerjaan yang sesungguhnya.

Proses belajar mengajar  berlangsung di dunia usaha dan industri. Skema pembelajaran dari 6 semester yang harus ditempuh siswa kelas entrepreneur. Satu semester di tahun pertama pembelajaran berlangsung di sekolah (pembentukan karakter siswa dan kompetensi dasar). Empat semester berikut nya pembelajaran berlangsung di dunia usaha dan dunia industri (semester 2 s/d  5), dan pada semester keenam pembelajaran berlangsung di sekolah (persiapan mengikuti Ujian Nasional).

Profil akhir yang diharapkan dari lulusan kelas entrepreneur adalah: (1) siswa bekerja sebelum lulus, (2) siswa mendapatkan penghasilan selama pembelajaran, (3) siswa mampu dan kompeten pada bidang  yang ditekuni, (4) siswa mandiri dan memiliki pengalaman kerja yang sesungguhnya, (5) siswa memiliki usaha sebagai sumber pendapatan ekonomi keluarga. 

Persyaratan siswa yang dapat bergabung dalam program kelas entrepreneur; (1) lulus seleksi, (2) dari keluarga tidak mampu atau yatim piatu, (3) punya etos kerja tinggi dan berkarakter, (4) sanggup dan bersedia ditempatkan di dunia usaha dan industri yang ditentukan sekolah.