Energi Alternatif SMK MUTU Gondanglegi

Energi Alternatif SMK MUTU Gondanglegi

SMK MUTU menjadi pilot project mobil listrik tenaga matahari. Bekerjasama dengan ITS Surabaya dan Koryou High School Japan. Mobil listrik bernama SURYAWANGSA 1, merupakan satu-satunya solar car buatan SMK Indonesia. Proyek ini dimulai 7 Pebruari 2011.

Mobil listrik bertenaga matahari tersebut, untuk pertama  kali nya di-launching Ketua PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Din Syamsuddin MA., di Komplek Perguruan Muhammadiyah Pucang Surabaya, pada tanggal 2 Nopember 2012. Menempuh jarak 150 Km dengan rute Surabaya-Malang.

Pada tahun 2013, Menteri BUMN RI saat itu, Dahlan Iskan, meminta SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi untuk bekerjasama dengan Kementrian BUMN, dalam mengembagkan Mobil Angkot bertenaga matahari dengan kapasitas 6-10 orang penumpang. Demikian pula alumni SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi untuk bersinergi dengan pabrikan otomotif mobil listrik nasional.

Menindaklanjuti ide dan pemikiran Dahlan Iskan, pada tanggal 19 Desember 2014, SMK MUTU kembali melaunching mobil listrik bertenaga matahari yang diberi nama Microbus Suryawangsa 2 dengan kapasitas 6 orang penumpang. Menempuh jarak 1.150 km, dari Tugu Monas Jakarta sampai Tugu Pahlawan Surabaya dan berakhir di Gondanglegi Malang. Launching dilakukan oleh Mendikbud RI Anies Baswedan, Ph.D dan Ketua Umum PP muhammadiyah Prof. Dr. Din Syamsuddin. Kedatangan Microbus Suryawangsa 2 di Kantor Gubenur Jawa Timur, disambut Kepala Dinas Pendidikan Jatim Dr. Harun, M.Si.

Pengembangan energi terbarukan, pengembangan solar cell dan energi angin selain untuk kepentingan riset sains dan teknologi juga untuk memenuhi sebagian kebutuhan energi di lingkungan sekolah.