Profil SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

Profil SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang (SMK MUTU) berdiri pada tahun 1994 atas prakarsa tokoh dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gondanglegi Kabupaten Malang. Penandatangan SK Pendirian oleh Menteri Pendidikan Nasional RI No 23428/MPK/74, Tanggal 24/07/1994 dengan NSS: 324051815015.

Pada awalnya SMK MUTU mengelola 2 kompetensi keahlian: Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Seiring kebutuhan masyarakat terhadap keragaman kompetensi keahlian, maka pada tahun 2008 SMK MUTU membuka dua kompetensi keahlian: Perbankan dan Teknik Komputer & Jaringan. Satu tahun kemudian 2009 SMK MUTU menambah 1 kompetensi keahlian; Teknik Sepeda Motor. Tahun 2012 membuka Kompetensi Keahlian Farmasi, dan pada tahun 2014 SMK MUTU kembali menambah 4 kompetensi keahlian baru; Keperawatan, Perhotelan, Administrasi Perkantoran, dan Teknik Ototronik. Semua kompetensi keahlian tersebut telah terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional (BAN).

SMK MUTU menempati lahan 23.000 m2 dari target ideal lahan 40.000 m2. Diantaranya 13.000 m2 di Kampus 1, Jl. KH. Ahmad Dahlan dan 10.000 m2 di Kampus 2, Jalan Singajayan Gondanglegi yang saat ini berdiri gedung The Titanium Building 7 Lantai. Kampus 1 digunakan dan dikembangkan untuk Ruang Praktek Siswa (RPS) sedangkan kampus 2 untuk pelayanan publik dan ruang teori. Di kampus satu ini berdri Graha Teknologi 4 lantai. Di dalamnya terdapat Bengkel Engine, Chasis, Kelistrikan Otomotif, Pengelasan, Kerja Bangku, Lab. Elektronika, Lab. Ototronik, Lab. Instalasi Tenaga Listrik, Lab. TKJ, Lab. Perbankan, Lab. Peracikan Obat, Lab. Kimia, Lab. Apotik, Lab. Keperawatan, Lab. Perhotelan dan Lab. Administrasi Perkantoran.

Kampus 2 dikembangkan untuk menjadi pusat layanan siswa, IT center, business center, educantin, ruang pamer produk, ruang guru, ruang waka dan staf, ruang kepala sekolah, ruang TU, perpustakaan, perkantoran, digital labrary, meeting room, dan auditorium dengan kapasitas 650 orang. Selain itu di Kampus 2 ini, akan dibangun 50 ruang kelas teori dengan konsep gedung modern minimalis yang memberikan rasa aman dan nyaman bagi siswa.

Tahun 2008, SMK yang berada di kawasan penyangga ekonomi Kabupaten Malang ini, memiliki 564 siswa dengan 16 rombongan belajar dan 42 PTK. Tujuh tahun kemudian (2009-2017), SMK MUTU melakukan perubahan besar dan mendasar yang berorientasi pada pelayanan prima. Buah dari perubahan itu, ditandai dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat. Kini mendidik 2.300 siswa dan 68 rombongan belajar dengan 92 orang pendidik dan 32 tenaga kependidikan. Diantaranya 90% bergelar sarjana, dan 15% pascasarjana. Mendukung pelayanan prima, SMK MUTU terus meningkatkan kualitas PTK dengan pendidikan formal, workshop dan program teacher exching ke Singapore, Malaysia, Thailand, China, Jepang, Prancis dan Swiss. Status kelembagaan SMK MUTU, terakreditasi A (Amat Baik) dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BANS/M).

SMK ini adalah pelopor penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001-2008 di Malang Raya. Sebagai wujud komitmen pelayanan prima, alumni rata-rata 86% terserap kerja sebelum lulus, dan 15% diantaranya melanjutkan ke perguruan tinggi. Di bidang ekskul menorehkan prestasi yang membanggakan di tingkat nasional dan internasional. Seperti pada ajang Olimpiade Robotik Internasional, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), National Metrologi Competition, Yamaha Student Contest, dan Muhammadiyah Educatian Award.

Pada tahun 2012 SMK MUTU dinobatkan sebagai sekolah excellent dari Majelis Dikdasmen PWM Jawa Timur. SMK MUTU juga mendapatkan penghargaan Anugerah Energi Alternatif dari Kementrian Energi dan Sumber Mineral (ESDM) RI. Diakhir tahun 2012 SMK MUTU mempersembahkan karya terbaiknya bagi bangsa dan negara yang tengah menghadapi kelangkaan energi dengan me-launching Smart Education Hybrid Solar Car (Mobil Listrik Bertenaga Matahari). Mobil listrik ini adalah inspirasi siwa SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi untuk Bangsa.

Mengawali tahun 2013, SMK MUTU mendapat gelar juara umum National MEAward dari Majelis Dikdamen PWM Jawa Timur. Disamping itu juga dinobatkan sebagai SMK Model Tingkat Nasional oleh Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Jakarta dan pada akhir tahun 2013 siswa-siswi SMK MUTU menorehkan prestasi yang membanggakan di tingkat internasional dengan meraih emas dalam International Islamic School Robotic (IISRO).

Prestasi membanggakan ditorehkan pada tahun pelajaran 2014/2015, SMK MUTU dinobatkan sebagai SMK Rujukan Nasional dari Direktorat PSMK Kemdikbud RI. Masuk dalam daftar 36 SMK terbaik nasional. Mengawali tahun 2015, SMK yang berdiri pada tahun 1994 ini mendapat penghargaan Teladan Nasional Energi Prakarsa dari Presiden RI, Penghargaan Energi Nasional dari Menteri ESDM RI, Juara Umum Pameran Teknologi SMK se-Indonesia dari Kemendikbud RI dan Kemenpora RI, Best Practice Vocational School dari Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah dan Excellent School dari PWM Jawa Timur.

Selain itu juga mendapat apresiasi dari Pusar Rekor Indonesia dengan penghargaan, As The Best Education and Educator of The Year. Anugerah The Prominent Indonesian Leaders Award dari Indonesia Development Achievement Foundation, dan Indonesian Award of Educator dari Anugerah Prestasi Insani. Penghargaan ini menjadi modal SMK MUTU untuk terus bekerja dan berkarya bagi bangsa dan negara.