Beasiswa STEM di Eropa dan Amerika khusus perempuan. Foto: detik

Jakarta – Beberapa lembaga internasional menyediakan beasiswa bidang STEM (sains, teknologi, engineering. matematika) khusus untuk siswa perempuan. Hal ini lantaran berdasarkan data UNESCO atau Organisasi Pendidikan, Sains, dan Kebudayaan PBB, peneliti perempuan di dunia hanya kurang dari 30 persen saja.
Dikutip dari laman Top Universities, salah satu negara yang sudah mengalami peningkatan kepesertaan perempuan di bidang STEM adalah Inggris. Nah, jika mahasiswa asal Indonesia juga ingin mengikuti jejak mereka, yuk simak beasiswa bidang STEM yang bisa kalian coba.

Beasiswa STEM Khusus Perempuan
1. Beasiswa STEM British Council
Ada sejumlah syarat untuk penerimaan beasiswa STEM British Council tahun ini, di antaranya bisa memperlihatkan bukti membutuhkan dukungan finansial, terdapat ijazah sarjana, dapat memenuhi syarat bahasa Inggris, berpengalaman atau punya ketertarikan di bidang yang dituju, dan berkomitmen menjadi alumni British Council secara terikat.

Disebutkan dalam laman resminya, pendaftaran untuk masing-masing jurusan punya jadwal berbeda. Tetapi, tahun ini ditutup hanya sampai 10 April 2022. Ketersediaan universitas dan jurusan juga bisa dilihat di laman British Council.

2. Science Ambassador Scholarship
Beasiswa Science Ambassador Scholarship diperuntukkan untuk siapa saja. Pendaftar tidak harus warga negara Amerika Serikat atau merupakan mahasiswa dan berencana kuliah di Amerika Serikat.

Beasiswa ini hanya untuk mahasiswa sarjana dan SMA saja. Apabila tertarik, pelamar wajib mengumpulkan video edukatif berdurasi maksimal tiga menit yang menjelaskan topik STEM yang diminati. Sumber isi dalam video tersebut juga harus kredibel.

3. Beasiswa Palantir Women In Technology
Mahasiswa yang bisa mendaftarkan diri ke beasiswa ini adalah mereka yang berstatus aktif sebagai peserta didik di salah satu universitas terakreditasi di Eropa. Akan tetapi, jika yang bersangkutan saat ini sedang belajar jarak jauh, maka tidak apa-apa.

Hanya ada sepuluh penerima yang bisa mendapatkan beasiswa Palantir. Pendaftaran tahun 2022 dibuka sampai tanggal 31 Maret. Apabila berminat, mahasiswa wajib mengumpulkan dua buah esai dan CV terbaru.

Sebagai catatan, beasiswa ini hanya untuk jurusan Ilmu Komputer, Perangkat Lunak, dan sejenisnya.

4. Beasiswa BHW
Beasiswa BHW dibuka sejak Januari lalu dan akan ditutup pendaftarannya pada 15 April 2022. Pengumumannya sendiri akan diberikan 15 Mei mendatang. Mahasiswa internasional diperbolehkan untuk melamar beasiswa ini, tetapi hanya jika sekolahnya berbasis organisasi Amerika Serikat.

Sebagai syarat, pelamar diwajibkan mengirimkan satu buah esai dengan panjang antara 500-800 kata dengan dua pilihan topik. Opsi topik pertama adalah menerangkan tentang aplikasi favorit dan apa yang disukai dari aplikasi tersebut. Opsi esai kedua menjelaskan tentang pengalaman ketika sebuah aplikasi punya peran signifikan bagi diri sendiri.

Selain esai, pelamar juga wajib mengunggah foto. Kedua syarat ini bisa dikumpulkan melalui laman The BHW Group.

Itulah beberapa beasiswa STEM khusus perempuan yang bisa dicoba. Semoga berhasil!

Sumber dari : detik.com 18 Marer 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *