Ilustrasi remaja yang bersinggungan dengan pergaulan bebas. Foto: iStock

Jakarta – Pergaulan bebas bersinggungan dengan kehidupan banyak siswa di Indonesia. Efek buruk pergaulan bebas umum diketahui dengan efek jangka panjang. Misal penyalahgunaan narkoba yang mengakibatkan sekolah berantakan.
Karena itu, siswa wajib menghindari pergaulan bebas misal dengan memilih teman dalam pergaulan. Bukan berarti kamu akan dicap pilih-pilih dalam berteman, tapi kalau sampai terjerumus ke pergaulan bebas bisa merugikan, lho!

Dikutip dari situs Direktorat SMP Kemdikbud, berikut tips lain menghindari pergaulan bebas

Cara menghindari pergaulan bebas

1. Berpendirian Kokoh
Memiliki pendirian yang kokoh membuat remaja tidak mudah terbawa arus pergaulan bebas. Jadi, jika ada teman yang mengajak kamu melakukan hal-hal menyimpang tolaklah dengan tegas.

2. Meningkatkan Kegiatan Positif
Untuk menghindari pergaulan yang menyimpang maka hal yang penting untuk dilakukan adalah sibukan diri dengan kegiatan positif, seperti berorganisasi dan olahraga. Dengan banyak melibatkan diri pada hal-hal yang positif, akan membuat diri terhindar dari kegiatan negatif, seperti pergaulan bebas.

3. Ingat Orang Tua
Agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas, maka penting untuk selalu mengingat orang tua. Mereka telah bersusah payah memperjuangkan untuk bersekolah agar menjadi orang yang baik dan sukses. Jadi, jangan sampai pergaulan bebas mengecewakan orang tua kalian, ya!

4. Mendekatkan Diri dengan Agama
Semua agama tentu mengajarkan setiap umatnya untuk melakukan kebaikan dan menghindari perbuatan tercela. Mendekatkan diri dengan agama akan membuat kita menjauhi perbuatan-perbuatan buruk yang dilarang oleh agama.

Nah, itulah tips mencegah pergaulan bebas dari Kemdikbud. Di mana pun kamu berada pasti bisa menerapkan cara-cara di atas tadi agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Tetap bergaul secara positif dan hindari pergaulan bebas!

Sumber dari: detik.com 21 Maret 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *