Jokowi Jajal Mobil Listrik Suryawangsa SMK MUTU

Jokowi Jajal Mobil Listrik Suryawangsa SMK MUTU

UJICOBA: Mobil listrik Suryawangsa 3 melakukan ujicoba di Yogyakarta, sebelum dijajal Presiden Jokowi di lokasi pembukaan Muktamar Muhammadiyah Surakarta, Sabtu (19/11).(MPM – SMK MUHAMMADIYAH 7 GONDANGLEGI)

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Pembukaan Muktamar ke 48 Muhammadiyah di Surakarta, juga akan dimeriahkan dengan mobil listrik Suryawangsa buatan SMK Muhammadiyah 7 atau SMK Mutu Gondanglegi. Mobil itu juga dipamerkan dan bahkan akan dijajal Presiden RI Joko Widodo, Sabtu (19/11) saat pembukaan Muktamar nanti. Mobil listrik Suryawangsa ini telah dibuat dalam beberapa seri. Suryawangsa 1, Suryawangsa 2, dan Suryawangsa 3. Menurut Lead Project Mobil Listrik SMK Mutu, Ahmad Muhtadi, proyek Suryawangsa adalah program berkelanjutan dari laboratorium Renewable Energi and Intelligence Technology SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. “Suryawangsa Hybrid Solar Car merupakan proyek mercusuar sekolah sebagai wahana belajar guru dan siswa dalam bidang renewable energy dan mobil listrik melalui Project Base Learning, dimulai tahun 2009 untuk generasi 1 Semeru 3.5 , kemudian dilanjutkan 2014 generasi ke 2 Microbus Arjuna 4.0,” jelasnya saat dihubungi, kemarin. Sementara Generasi 3 yaitu Mahameru  4.0, lanjut Muhtadi, merupakan produk terbaru yang diluncurkan pada kesempatan Muktamar ke 48 Muhammadiyah di Surakarta. Generasi ke 3 dari keluarga Suryawangsa yaitu Mahameru 4.0 berbasis Microbus  Electric Car dikerjakan selama sebulan di bulan Oktober .

Dikatakannya, Suryawangsa jika dirunut dari generasi 1 Semeru 3.5 ke generasi terakhir yairu Mahameru 4.0 mengalami proses perbaikan dan penyempurnaan dari sistem atau fitur. Fitur unggulan terbaru dari  generasi Mahameru 4.0, yakni sudah dilengkapi sensor deteksi gejala kantuk bagi pengemudi dan kemampuan kendaraan untuk menjaga jarak aman antara kendaraan yang berada di sekitarnya. “Sebagai fitur keselamatan yang telah disempurnakan dari Fitur lama ke Generasi ke 2 tetap menjadi fitur unggulan seperti Fitur sistem  pendinginan yang ramah lingkungan atau green cooling system, kelengkapan indikator untuk mengontrol sistem elektrik di dashboard, dan sumber energi matahari,” tambahnya. Bagi pihak sekolah, selain menjadi kebanggaan, juga menjadi lahan belajar siswa dan guru untuk lebih baik dalam menciptakan karya – karyanya. Di mana sebelumnya panitia pusat Muktamar Muhammadiyah ke 48 di Surakarta telah melakukan kurasi beberapa produk unggulan sekolah Muhammadiyah.

“Mereka akhirnya menetapkan Suryawangsa Arjuna 4.0 dan Mahameru 4.0 dipilih sebagai kendaraan yang akan dinaiki Presiden RI Joko Widodo saat pembukaan Muktamar Muhammadiyah Aisyiah ke 48 di Surakarta,” tutur Muhtadi. Proses untuk dipilihnya karya sekolah ini melalui beberapa tahap dan beberapa tim. Prosesnya tidak hanya oleh panitia pusat Muktamar ke 48 tetapi harus mengikuti serangkaian pengecekan dan uji coba oleh Paspampres untuk mengetahui kelayakan, dan keamanan kendaraan saat dikendarai Presiden. Pengecekan kelayakan dan keamaan Suryawangsa 2 dan Suryawangsa 3 oleh Paspampres menghasilkan beberapa rekomendasi. “Suryawangsa 2 Arjuna 4.0 terpilih sebagai kendaraan yang akan dikendarai Presiden RI Joko Widodo bersama Ketua Umum Muhammadiyah Prof. Haedar Nasir M.Si, sedang Suryawangsa 3 akan dikendarai oleh Hj Iriana Joko Widodo bersama Hj Siti Noordjannah Djohantini, MM, M.Si,” terangnya. (tyo/mar)

Sumber dari : malangposcomedia.id 18 November 2022

Reyhan Lysander
Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *