Alumnus SMK Mutu Gondanglegi Lulusan Terbaik Komunikasi UMM

Alumnus SMK Mutu Gondanglegi Lulusan Terbaik Komunikasi UMM

Rayan Afif lulusan terbaik, bersama Kaprodi Komunikasi UMM Nasrullah usai Yudisium IV Tahun 2022 FISIP UMM, Rabu 7 September 2022. Alumnus SMK Gondanglegi Mutu Lulusan Terbaik Komunikasi UMM (Istimewa/PWMU.CO)

PWMU.CO – Prodi Ilmu Komunikasi meluluskan 151 sarjana baru. Pelepasan calon sarjana bergelar S.Ikom itu berlangsung dalam Yudisium IV Tahun 2022 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM),  di Auditorium GKB IV,  Rabu (7/9/2022).

Dekan FISIP UMM Prof Dr Muslimin Mahmud MSi menyatakan lulusan kali ini memiliki keunggulan karena semua prodi di lingkungannya terakreditasi A dan A Unggul. 

“Dengan modal akreditasi itu, para lulusan harus lebih percaya diri dalam bersaing dengan pihak manapun,” kata Muslimin.

Sebagaimana lulusan-lulusan sebelumnya, yudisium ini pun menjadi momentum fakultas melepaskan calon alumninya dengan suka cita karena telah mengantarkan ke titik yang membanggakan. “Selamat dan sukses kepada para lulusan dan orang tua,” ujar Guru Besar Komunikasi itu.

Lulusan Terbaik

Sementara itu lulusan terbaik Komunikasi diraih berturut-turut oleh Rayan Afif, Shafira Enok Dewantara, dan Ramadhan Permana Agung. Ketiganya merupakan mahasiswa angkatan 2018.

“Ini pertanda bahwa lulus lebih cepat pun bisa berprestasi. Kami sangat senang karena yang terbaik ini adalah yang menempuh kuliah hanya tiga tahun 10 bulan,” ujar Ketua Prodi Komunikasi UMM, Nasrullah

Ke depan, kata Nasrullah, pihaknya akan terus memacu lulus tepat waktu dengan kompetensi dan persiapan kerja yang jauh lebih baik lagi.

“Komunikasi UMM dikenal sebagai prodi yang ketat menerima calon mahasiswa, oleh karenanya kami yakin row input itu potensial untuk kami kembangkan sebaik mungkin menjadi lulusan unggul,” lanjutnya. 

Lulusan terbaik kali ini cukup istimewa. Rayan yang asli Gondanglegi, Kabupaten Malang, merupakan mahasiswa yang getol membangun portofolio skill komunikasinya sejak awal semester.

“Menyibukkan diri sejak semester satu dulu biar di akhir-akhir bisa bekerja dan menuntaskan tugas akhir,” aku anak pertama dari tiga bersaudara putra petani tebu Rowi. 

Uniknya, Rayan lulus dengan jalur nonskripsi. Karya artikel jurnal terindeks Sinta 2-nya dikonversi sebagai karya akhir. Artikelnya dengan judul “Public opinion on Facebook Rebrand to Meta: a Twitter Big Data Analysis on The First 24 Hour After Meta Launched” meraih nilai sempurna A.

Order Foto dari USA

Alumnus SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang ini mengaku beruntung di UMM memperoleh kesempatan luas mengembangkan diri. Selain berorganisasi di AISEC, juga berkesempatan internship MBKM di Halodoc di Jakarta.

“Pengalaman magang ini sangat berkesan karena menemukan banyak ilmu dan pengalaman baru. Semua skill seperti bisa diimplementasikam di sana,” ujar Rayan yang menikmati magang selama enam bulan.

Tak hanya itu, Rayang juga bekerja sambil kuliah. Dia memanfaatkan keahliannya dalam desain grafis untuk melayani order dari berbagai negara. Mereka berasal dari Amerika Serikat, Itali, Brazil, dan Arab Saudi.

“Dari sebuah perusahaan di Itali saya dapat order membuat foto kalender, 12 frame dan masing-masing dihargai 30 US Dollar,” kata Rayan bangga.

Meski sibuk berorganisasi, magang, mengikuti berbagai lomba, dan bekerja, dia tak ingin kuliah berlama-lama karena ingin segera bekerja di starup. Itulah sebabnya dia segera menulis artikel untuk Jurnal Kominfo dan lolos seleksi relatif cepat. 

Pengalaman di-treat sebagai karwayan sesungguhmya saat magang membuatnya yakin bisa menghadapi persaingan kerja secara profesional. 

“Saya berpesan kepada adik-adik kelas saya agar menyibukkan diri secara produktif, bangun portofolio sebanyak-banyaknya, dan jangan lupa segera lulus tanpa harus takut tidak dapat kerja karena pengalaman dan jaringan itu pasti bermanfaat,” pesan Rayan. (*)

Editor Mohammad Nurfatoni

Sumber dari : pwmu.co 7 Agustus 2022

Reyhan Lysander
Author

One thought on “Alumnus SMK Mutu Gondanglegi Lulusan Terbaik Komunikasi UMM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.