Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Gelar Pemilihan Duta Bahasa Kalteng Tahun 2022

Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Gelar Pemilihan Duta Bahasa Kalteng Tahun 2022

Palangka Raya, Kemendikbudristek – Sebagai upaya peningkatan peran generasi muda dalam menjaga bahasa dan menggerakkan literasi di Kalimantan Tengah, Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa Penggerak Literasi Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022, Minggu (5/6) malam. Muhammad Ihsan Djajadi Wangsa dipilih sebagai Terbaik I Putra dan Humaira Lathifah Mawardi sebagai Terbaik I Putri Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah.
 
“Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah adalah salah satu perpanjangan tangan kami dalam menyebarkan informasi kebahasaan dan kesastraan di Kalimantan Tengah, terutama di kalangan generasi muda saat ini. Mereka memiliki peran penting dalam hal jaga bahasa dan penggerak literasi di Kalimantan Tengah,” ucap Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, Valentina Lovina Tanate, saat memberikan sambutan pembuka pada malam puncak tersebut. yang juga ditayangkan di kanal YouTube Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah.
 
Putra dan putri dari Kalimantan Tengah  antusias mendaftarkan diri dalam pemilihan ini. Sebanyak 69 peserta mengikuti seleksi administrasi. Setelah dilakukan seleksi wawancara, terpilih 30 finalis terbaik. Ketiga puluh finalis tersebut terdiri atas 15 finalis putra dan 15 finalis putri. Selanjutnya, ketiga puluh finalis tersebut mengikuti pembekalan intensif selama 4 hari, yaitu  pada 2 Juni hingga 5 Juni 2022. 
 
Para finalis berkesempatan mendapatkan pembekalan intensif mengenai pemahaman dan wawasan kemahiran berbahasa dan bersastra, kemampuan wicara publik, serta kepribadian. Mereka dibina oleh para narasumber yang merupakan tenaga profesional/pakar di bidangnya. Mereka turut hadir pada malam puncak dan menyaksikan terpilihnya Duta Bahasa Terbaik. Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, Valentina Lovina Tanate, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Palangka Raya, Natalina Asi, dan Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Siti Nafsiah, menjuri pada malam puncak.
 
Setelah dilakukan penjurian akhir, terpilihlah 7 finalis putra dan 7 finalis putri sebagai terbaik I sampai VI dan Terfavorit Duta Bahasa Penggerak Literasi Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022. Berikut para Duta Bahasa terpilih:
1.         Muhammad Ihsan Djajadi Wangsa sebagai Terbaik I Putra
2.         Humaira Lathifah Mawardi sebagai Terbaik I Putri
3.         Resa Muhyiddin sebagai Terbaik II Putra
4.         Loura Natasha Putri sebagai Terbaik II Putri
5.         Saripuddin sebagai Terbaik III Putra
6.         Mega Agustini sebagai Terbaik III Putri
7.         Nupus sebagai Terbaik IV Putra
8.         Rizka Amalia Solichin sebagai Terbaik IV Putri
9.         Nanang Wibowo sebagai Terbaik V Putra
10.        Haryanti sebagai Terbaik V Putri
11.        Ahmad Fauzi sebagai Terbaik VI Putra
12.        Wenny Awalina sebagai Terbaik VI Putri
13.        Yohanes Gloria Oley sebagai Terfavorit Putra
14.        Ilsarizqi Rahmadhanti Anfasa Terfavorit Putri
 
Berbagai perwakilan dari lembaga/instansi hadir pada acara Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa ini, seperti Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kalteng dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalteng.
 
Sebagai penutup acara, 14 orang Duta Bahasa terpilih mendapatkan piala, uang pembinaan, serta bingkisan. (Ai G./Mery/Andrew Fangidae)

Sumber dari : kemdikbud.go.id 9 Juni 2022

Reyhan Lysander
Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.