4 Kerajaan Buddha di Nusantara, Ada Sriwijaya hingga Dharmasraya

4 Kerajaan Buddha di Nusantara, Ada Sriwijaya hingga Dharmasraya

Jakarta – 

Ada beberapa kerajaan yang berkuasa sebelum Indonesia merdeka. Setiap kerajaan ini memiliki pemimpin dan masyarakat yang menganut kepercayaan berbeda, ada kerajaan Hindu, kerajaan Buddha dan ada juga kerajaan Islam.

Agama Buddha tercatat pertama kali masuk ke wilayah Nusantara pada abad ke-5 Masehi. Agama yang berasal dari India ini dibawa oleh seorang pengelana dari Negeri Tirai Bambu alias Tiongkok. Sejak saat itu, agama Buddha berkembang di Nusantara. Ada 4 kerajaan Buddha yang terkenal dan berdiri pada abad ke-7 di Nusantara.

Dilansir dari Modul Sejarah Indonesia Kemendikbudristek, penyebaran agama Buddha ke Nusantara tidak terlepas dari adanya pengaruh rute pelayaran dagang. Rute dagang yang awalnya menggunakan jalur darat atau yang biasa disebut sebagai jalur sutera, beralih menggunakan jalur laut.

Perubahan rute dagang yang terjadi pada awal abad ke-1 Masehi ini menyebabkan adanya perdagangan dan pertukaran budaya di sepanjang jalur pelayaran, termasuk di Nusantara. Proses perdagangan ini menjadi salah satu cara penyebaran agama.

Berikut adalah beberapa contoh kerajaan Buddha yang pernah ada di Nusantara:

 

1. Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan pertama adalah Kerajaan Sriwijaya. Kerajaan maritim yang sering berpindah-pindah pusat kekuasaan ini adalah kerajaan yang sangat berkuasa pada zamannya. Wilayah kekuasaannya meliputi Pulau Sumatera, Semenanjung Malaya, hingga Thailand.

Sriwijaya berdiri pada abad ke-7 Masehi. Sebelum berkembang menjadi kerajaan yang besar, Sriwijaya adalah kerajaan kecil yang berpusat di Sumatera Selatan. Tapi akhirnya Sriwijaya memperluas wilayah kekuasaannya dan terus berkembang hingga abad ke-13.

Kerajaan Sriwijaya yang sangat berjaya ini akhirnya mengalami kemunduran pada abad ke-13 M. Berbagai faktor membuat Kerajaan Sriwijaya akhirnya runtuh. Seperti faktor alam, politik, ekonomi, dan militer.

2. Kerajaan Kalingga

Kerajaan Buddha berikutnya yang pernah berjaya di Nusantara adalah Kerajaan Kalingga. Faktanya, Kerajaan Kalingga adalah kerajaan Buddha pertama yang berdiri di Pulau Jawa.

Kerajaan Kalingga didirikan oleh Dapunta Syailendra pada abad ke-6 M. Pemimpin pertamanya bernama Prabu Wasumurti.

Kalingga menjadi salah satu kerajaan yang dipimpin oleh seorang ratu. Hebatnya, pada kepemimpinan Ratu ini Kerajaan Kalingga mencapai puncak kejayaannya. Ratu yang memimpin Kerajaan Kalingga adalah Ratu Sima.

Hanya saja, Kerajaan Kalingga tidak begitu lama berkuasa. Pada tahun 782 M, Kerajaan Kalingga akhirnya harus takluk dan diambil alih oleh Rakai Mataram dan Rakai Panangkaran dari Medang.

3. Kerajaan Mataram Kuno atau Medang

Kerajaan yang mengambil alih Kerajaan Kalingga ini diperkirakan memiliki pusat pemerintahan di sekitar Yogyakarta atau sekitar daerah Kedu. Kerajaan Mataram Kuno ini berdiri pada sekitar tahun 700 M.

Hanya saja, pada akhirnya pusat pemerintahan dipindahkan ke Madiun, Jawa Tengah. Beberapa sumber mengatakan, perpindahan pusat kekuasaan ini dikarenakan Gunung Merapi meletus dengan sangat dahsyat.

Pada awalnya kerajaan ini bercorak Hindu. Tapi sejak Raja Sailendrawangsa memimpin, Kerajaan Mataram Kuno berubah menjadi kerajaan Buddha. Meskipun mengubah haluan, kehidupan yang ada di Kerajaan Mataram Kuno tetap rukun dan hidup berdampingan.

Mataram Kuno atau Medang akhirnya runtuh karena serangan dari Kerajaan Sriwijaya pada sekitar tahun 1000-an M. Raja terakhir yang memimpin kerajaan ini adalah Dharmawangsa Teguh.

Masih ada lagi kerajaan Buddha lainnya yang juga pernah berkuasa di Nusantara. Klik di sini ya untuk informasi selengkapnya.

Sumber dari : detik.com 15 Juni 2022

Reyhan Lysander
Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.