Sekolah Bahasa Jepang, Sekolah Awal Mula Para Pelajar Asing Menapakkan Kakinya di Negeri Sakura

Sekolah Bahasa Jepang, Sekolah Awal Mula Para Pelajar Asing Menapakkan Kakinya di Negeri Sakura

Salah satu sekolah bahasa terbaik di Jepang,Aoyama School of Japanese

Bagi kalangan umum sangatlah jarang orang yang mengetahui tentang betapa pentingnya sebuah sekolah bahasa Jepang bagi para pelajar bahasa Jepang di seluruh dunia. Sekolah bahasa Jepang atau dalam bahasa Jepang yang kita kenal sebagai “Nihongo Gakkou” adalah langkah awal dari perjalanan kita saat kita menjadi seorang pelajar di negeri Sakura sebelum melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi seperti ke jenjang Universitas Daigaku maupun sekolah Kejuruan Senmongakkou. Bukan berarti tentang betapa kita sudah mempunyai bekal bahasa yang hebat tetapi, persentasi kelulusan dari sekolah bahasalah yang nantinya akan menentukan para pelajar bisa tetap berada di Jepang sebagai seorang pelajar lanjutan ataupun pulang dengan catatan siswa dengan absensi yang sangat buruk.

Persentasi yang dibutuhkan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di Jepang bisa dikatakan cukup sulit karena saat kelulusan kita harus mempunyai persentasi kelulusan kurang lebih 90% untuk daerah Tokyo dan sekitarnya dan 80% untuk daerah di luar atau jauh dari kota Tokyo.

Bukan sebuah intimidasi dari pihak imigrasi Jepang melainkan pihak imigrasi Jepang sudah paham akan sulitnya para pelajar asing yang akan belajar di Jepang dengan menyesuaikan betapa sulitnya kehidupan di Jepang di sela-sela bersekolah membagi waktu dengan pekerjaan yang terkenal sangat padat. Masih pantaskah pelajar A berada di tengah-tengah kesibukan dan kerasnya kehidupan di Jepang. Namun sebagai gantinya mereka para pelajar asing mendapat perlakuan dan pelayanan yang sangat layak dengan fasilitas yang memadai.

Jepang menjadi negara tujuan bagi mahasiswa atau pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan terbaik. Salah satu syaratnya ialah kemampuan bahasa Jepang yang baik sehingga mampu mengikuti proses belajar tanpa kendala komunikasi. Maka dari itu sekolah Bahasa Jepang merupakan pendidikan pra-kuliah bagi pelajar asing, berikut adalah 10 sekolah bahasa terbaik yang ada di Jepang.

10. Hokkaido Japanese Language Academy

Program bahasa di Hokkaido japanese language academy

Sekolah ini terletak di Sapporo, Hokaido dengan siswa asing dari Asia, Eropa maupun Amerika. Programnya meliputi membaca, mendengar, menulis dan berbicara untuk kehidupan sehari-hari dan formal. Siswanya juga diajarkan ujian masuk universitas untuk program sarjana atau pasca sarjana.

9. Japanese Language Institute of Sapporo

Sekolah bahasa ini juga terletak di Sapporo dengan fokus pada penggunaan bahasa sehari-hari. Tersedia berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk mendukung penguasaan bahasa siswanya. Memfasilitasi untuk berteman dengan penduduk asli untuk meningkatkan penggunaan bahasa.

8. Yono-Gakuin Japanese Language School

Sekolah yang memberikan pelajaran tambahan kanji ini terletak di Saitama. Tidak hanya memberikan pelajaran bahasa, Yono Gakuin juga menyediakan informasi pekerjaan paruh waktu bagi siswa yang bekerja secara partime.

7. ABK College

Sekolah ini fokus pada pada siswa yang ingin melanjutkan studi pasca sarjana atau sekolah kejuruan. Programnya berbasis bimbingan karier sehingga kurikulumnya disesuaikan. Tersedia asrama bagi siswa yang sulit mencari rumah atau apartemen sendiri.

6. Intercultural Institute of Japan

Sekolah ini memiliki program pelatihan khusus untuk guru bahasa Jepang. Program sekolah yang terletak di Tokyo ini fokus pada tujuan mencari pekerjaan dengan sistem e-learning. Siswanya akan diajari menulis daftar riwayat hidup sampai wawancara dalam bahasa Jepang.

5. JET Academy

Akademi ini menyediakan hingga lebih dari 30 kegiatan ekstrakurikuler agar siswanya bisa berbaur dengan warga Jepang dan meningkatkan penguasaan bahasa. Lokasinya di Jepang namun di tengah lingkungan yang masih tradisional sehingga nyaman dan tenang.

JET Academy memberikan pembelajaraan intensif huruf kanji seminggu sekali. Sistemnya dengan latihan gaya sejilah rakyat pada zaman Edo selama 2 jam. Dan ini yang menarik, kurikulum yang digunakan lebih fokus untuk tujuan pendidikan namun diadakan pula seminar bisnis dengan pelaku bisnis sebagai pembicara untuk siswa yang berminat.

4. Shinjuku Japanese Language Institute

Shinjuku Japanese Language Institute adalah sekolah yang sudah terkenal akan kualitasnya selama 40 tahun. Tersedia asrama bagi siswa yang sulit mencari tempat tinggal di Tokyo. Siswanya diajari dengan sistem belajar animasi bernama Visual Learning Japanese (VSL).

Ada berbagai macam program mulai dari pemula, bisnis hingga pembinaan guru bahasa Jepang. Siswa sekolah bahasa juga sudah disediakan akses untuk belajar mandiri dengan materi dari Learning Management System (LMS).

3. Aoyama School of Japanese

Sekolah bahasa Jepang pertama yang berada di tengah-tengah kota Shibuya ini tidak kalah hebat dari para pesaingnya sekolah-sekolah bahasa modern, meskipun sekolah yang terbilang sudah cukup termakan usia dan paling senior di antara sekolah bahasa yang lainnya ini mampu bertahan dengan idealismenya, yang menyuguhkan berbagai pelayanan dan informasi yang lebih banyak di antara sekolah-sekolah bahasa lain. Aoyama school of Japanese juga menyediakan Boarding School untuk pelajar asing yang masih bingung mencari tempat tinggal.

2. Iwatani College of Business Japanese Language School

Sekolah bahasa terbaik saingan berat Aoyama School of Japanese ini juga berhak memasuki daftar kedua pada laman ini. Sekolah yang mendidik siswanya untuk menjadi seorang yang siap bekerja di kehidupan negara Jepang yang super sibuk ini menyediakan berbagai program studi yang sangat terekomendasi untuk para pelajar asing yang mengajukan program beasiswa-beasiswa perusahaan ternama seperti Asahi Shinbun.

1. Toyo Language School

Sekolah yang juga berada di Tokyo ini fokus pada siswa yang ingin masuk sekolah kejuruan, universitas, dan pasca sarjana. Silabus pengajarannya terdiri dari 3 tahap yaitu pemantauan, konseling dan orientasi target.

Tes dilakukan setiap 3 bulan sekali untuk mengetahui kemampuan siswa dan memperbarui target. Yayasan sekolah ini juga memiliki 69 sekolah profesi dan institusi pendidikan lainnya. Berbagai kegiataan kebudayaan juga diselenggarakan untuk menunjang pembelajaraan siswanya.

Demikian daftar 10 sekolah bahasa terbaik di Jepang dari website SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi.

Penulis : Admin SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi 21 Maret 2022

smkmutuadmin
Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.