GELAR WORKSHOP DIGITAL MARKETING, SMK MUTU ASAH SKILL ENTREPRENEURSHIP SISWA

GELAR WORKSHOP DIGITAL MARKETING, SMK MUTU ASAH SKILL ENTREPRENEURSHIP SISWA

GELAR WORKSHOP DIGITAL MARKETING, SMK MUTU ASAH SKILL ENTREPRENEURSHIP SISWA

SMK Pencetak Wirausaha bukan lagi menjadi hal baru di dunia pendidikan. Dalam upaya mendukung program peningkatan serapan lulusan SMK di dunia bisnis, SMK Mutu kembali menggelar workshop Digital Marketing. Kegiatan yang digelar selama tiga hari, yaitu tanggal 21-23 September ini berlangsung aktif dan partisipatif. Workshop yang berlangsung di aula dan laboratorium IT SMK Mutu ini menghadirkan mentor-mentor bisnis yang handal dan berpengalaman dari kota Malang. Sebut saja Andina Paramitha, leader sebuah perusahaan Co.working di Malang dan Bara Susanto, Direktur dan trainer bisnis yang berkibar melalui brand SIBS Succes Chemistry.

Sebanyak 36 peserta yang telah menjalankan bisnis ristisan (startup bisnis) nampak antusias mengikuti workshop yang mengusung tema Studentpreneur in digital era. Mereka menyerap banyak inspirasi yang dibagi oleh pebisnis yang berkibar dengan brand Ngalup.co  di Malang. Materi workshop dibuka dengan materi Build Spirit Entrepreneurship with Technology, oleh CEO Ngalup Collaborative Network ini memberikan gambaran tentang pentingnya membangun semangat entrepreneur sejak dini. Para pebisnis pemula, apalagi di kalangan pelajar perlu memperkuat diri dengan pondasi bisnis. Niat yang kuat, passion yang prospektif, komitmen dalam belajar serta mencari jejaring adalah basic bisnis yang wajib dimiliki. Selain itu mereka perlu memiliki energi positif, menggali insight baru, percaya diri, mampu bersaing, tangguh,  produktif agar memberikan dampak untuk masyarakat di sekitarnya.

Dalam rangkaian workshop dua hari berikutnya, studentpreneur SMK Mutu diajak untuk mengeksplor kemampuan IT sebagai media berbisnis melalui sesi digital marketing praktis. Untuk menunjang prospek bisnis, khususnya menarik pembeli, peserta workshop dikenalkan dengan digital marketing online dan offline work. Tidak cukup di situ, peserta workshop juga diberikan bekal teknik fotografi dan videografi yang menunjang promosi produk di media sosial. Keseluruhan rangkaian kegiatan praktik yang dibimbing oleh Direktur SIBS, Bara Susanto berfokus pada pembuatan road map publikasi melalui blog free service. Menurut Bara, studentpreneur harus familiar google trends, Google analytic yang sangat relevan untuk bisnis masa kini. Oleh sebab itu penguasaan tools dalam google sangat penting bagi orientasi bisnis dengan jangkauan yang lebih luas.

Menurut salah satu peserta, Bima Satria, workshop studentpreneur ini dapat menjadi jawaban dari ketidaktahuan sebagai pebisnis pemula. Bagi peserta yang masih kelas X dan baru merintis bisnis, workshop studentpreneur sangat memberi manfaat, terutama dalam pemanfaatan teknologi digital yang mendukung prospektif dalam berbisnis. Banyak sekali fitur-fitur dan tools pada google yang selama ini tidak dimanfaatkan secara optimal. Ia berharap akan ada digelar workshop lanjutan, agar semakin banyak studentpreneur dari SMK Mutu yang dapat mengembangkan bisnis berbasis teknologi.

(Silvi)

Munali
Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *