ArabicEnglishIndonesian
       

Lulusan SMK Mutu Sukses Bisnis Tanaman Hias

Lulusan SMK Mutu Sukses Bisnis Tanaman Hias

Adalah Vena Meliyanti, dara cantik yang lulus tahun 2018 dari Jurusan Administrasi Perkantoran. Vena merintis usaha di bidang tanaman hias mulai dari pembibitan maupun tanaman yang sudah tumbuh dan siap dijual. “Target pasarnya juga beragam. Mulai dari pasaran lokal hingga internasional seperti Singapura,” ujarnya.

Pandemi, Hotel Sepi Pindah Wirausaha

Sebelum menekuni bisnis tanaman hias, Vena sempat bekerja sebagai Accounting Store Logistic di Hotel Purnama Batu Malang selama dua tahun.

Pihak HRD hotel rupanya melihat kecekatan dan kemampuan yang dimiliki Vena selama prktik kerja industri (prakerin). Sehingga ketika lulus maka langsung diberi tawaran kerja di hotel.

“Pengalaman selama bekerja di daerah wisata tersebut kemudian memberi inspirasi kepada saya untuk membuka usaha yang saat ini sedang banyak diminati masyarakat yaitu tanaman hias,” ungkapnya.

Saat mengikuti kegiatan Exhibition Tropical Fair 2020 di Malang Town Square (Matos) Jumat (30/10/2020) Vena menyampaikan bisnis ini bermula dari hobby membeli tanaman hias dan mengoleksinya.

“Kemudian saya berpikir untuk beralih profesi menjadi wirausaha. Pertimbangannya karena kondisi pandemi yang berdampak terhadap bisnis hotel,” terangnya.

Secara bersamaan, lanjutnya, bertemu dengan partner bisnis di bidang usaha tanaman hias. Kami mencoba berkolaborasi dan memantapkan hati untuk menjalankan usaha tanaman hias ini.

Ilmu Administrasi Bermanfaat dalam Bisnis

“Meskipun bidang usaha saya adalah bidang tanamam hias, namun ilmu administrasi tetap berguna dan sangat membantu dalam kelancaran usaha,” jelasnya.

Bisa membuat katalog sendiri, sambungnya, mengelola administrasi, membuat akun-akun seperti situs website. Juga membuat akun-akun market place seperti Shoppee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, medsos Facebook, dan Instagram.

“Alhamdulillah usaha yang kami rintis hampir 10 bulan ini sudah melayani penjualan keluar negeri. Demikian pula sebaliknya, kami juga membeli bibit dari luar negeri,” paparnya dengan bersemangat.

Menurutnya sangat menyenangkan selama bersekolah di SMK Muhammadiyah 7 (Mutu) Gondanglegi Malang.

“Bisa menjadi pribadi lebih baik. Dan banyak ilmu yang saya dapatkan waktu di sekolah baik dari lingkungan sekolah maupun guru-gurunya. Terimakasih kepada SMK Mutu. Semoga SMK Mutu selalu jaya,” kesannya. (*)

smkmutuadmin
Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *