Wow! SMK Mutu Gondanglegi Harumkan Nama Indonesia di AJR Thailand, Inilah Medali yang Diborong

Wow! SMK Mutu Gondanglegi Harumkan Nama Indonesia di AJR Thailand, Inilah Medali yang Diborong

Prestasi internasional kembali ditorehkan SMK Muhammadiyah 7 (Mutu) Gondanglegi, Kabupatan Malang, Jawa Timur. Kali ini dipersembahkan M-Turbo alias Muhammadiyah Tujuh Robotik.

Di ajang Asian Junior Robotic (AJR) Bangkok Thailand yang berlangsung Jumat-Sabtu (20-21/12/19) itu, M-Turbo berhasil membawa pulang dua medali emas, satu perak, dan satu perunggu. Dua emas diperoleh dari Drone Robotic dan Soccer 2 on 2 Senior, perak dari Theater Robotic, dan perunggu dari Drone Racing Robotic.

M-Turbo SMK Mutu Gondanglegi, menurunkan dua siswa andalan-nya, yang sebelumnya berjaya di Kontes Robotik Nasional (KRON) 2019 di Jakarta: Arik Naufal (XI TKJ 1) dan Rido Rivaldi (XI PBK).

Menjuarai AJR di Bangkok Thailand, Arik dan Rido harus bekerja keras mengeluarkan seluruh kemampuan untuk menaklukkan lawan-lawannya. Suatu misal saat berlaga di semifinal Brickspeed Soccer, Arik harus fokus dan konsentrasi, apalagi yang dihadapi tuan rumah Thailand dengan ribuan penonton.

“Saya sempat kehilangan konsentrasi. Tanpa disadari saya memukul-mukul kepala saya sendiri agar lebih fokus. Alhamdulillah walau sempat tertinggal pada babak pertama, di babak kedua kita bisa menyamakan kedudukan dan akhirnya mampu mengalahkan Thailand 2:1,” kata Arik.

Pelatih M-Turbo SMK Mutu Gondanglegi, Martono ST bangga dan mengapresiasi prestasi yang dicapai peserta didiknya. “Persiapan lama, berbulan-bulan, dan kesungguhan anak-anak berlatih selama ini, terbayar lunas dengan raihan prestasi di AJR Bangkok Thailand,” ujar guru listrik ini dengan gembira.

AJR merupakan ajang unjuk keterampilan anak-anak muda tingkat Asia di bidang robotik. Diadakan setiap tahun di negara anggota, di seperti: Singapore, Malaysia, Philipina, Brunai Darussalam, Vietnam, China, Jepang, Mesir, dan Indonesia.

Tahun lalu (2018), AJR bertempat di Kuala Lumpur Malaysia, M-Turbo SMK Mutu Gondanglegi berhasil membawa satu medali perak dan satu perunggu. Selama empat kali keikutsertaan-nya, M-Turbo baru kali ini meraih emas.

“Capaian prestasi tahun ini, jauh melampaui dari target 1 gold yang dicanangkan,” papar Martono yang selalu mendampingi anak didik-nya bertanding di luar negeri.

Atas prestasi-nya ini, M-Turbo SMK Mutu Gondanglegi mendapat sertifikat, medali, dan uang pembinaan dari panitia AJR. Bahkan secara khusus panitia memberi penghargaan kepada M-Turbo, sebagai tim perolehan medali terbanyak pada AJR 2019.

Konsul KBRI Thailand, Mr Fachry Sulaiman, yang hadir langsung di Arena Santicon Islamic School Bangkok Thailand tak dapat menyembunyikan rasa bangganya.

Pria Aremania ini langsung menghampiri tim dan mengucapkan selamat dan sukses serta bubuhan tandatangan pada jersy pelatih dan tim M-Turbo. “Kami KBRI Thailand, bangga dengan torehan prestasi Anda,” ucap Sulaiman pada Martono dan tim sambil menjabat erat tangan mereka satu per satu.

smkmutuadmin
Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *